oleh

Wagub Papua Barat Dorong TPID Susun Kebijakan Pengendalian Inflasi

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani meminta agar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dapat menyusun kebijakan untuk mengendalikan inflasi. Hal ini disampaikan Lakatoni dalam High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TIPD) Papua Barat, Selasa (23/3/2021).

“TPID harus berperan aktif menyusun langkah-langkah melalui sinergitas seluruh pihak terkait untuk menghasilkan kebijakan yang tepat. Kebutuhan setiap daerah penyumbang inflasi berbeda, inilah perlunya diskusi dan strategi agar tidak inflasi. Memang ekonomi kita sempat terganggu karena kondisi pandemi covid-19,” ungkap Lakotani.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia, Ruth Eka Trisilowati menyampaikan inflasi dan deflasi memiliki pola sehingga diperlukan kordinasi di setiap OPD. Pada tahun 2021 geliat ekonomi sudah mulai terlihat dibanding tahun 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik, Maritje Pattipawae menjelaskan selama ini inflasi menonjol di Kota Sorong dan Manokwari. Di awal tahun 2021 tidak hanya terjadi inflasi tetapi juga deflasi. Pola berganti inflasi dan deflasi karena berbagai faktor, kondisi daerah, stok dan juga permintaan.

“Sehingga untuk menjaga inflasi stok harus tetap terjaga,” kata Maritje. (LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini