oleh

Vaksinasi COVID-19 Tahap Satu Papua Barat untuk 3.367 Nakes Tiga Daerah

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com- Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan telah mencanangkan program vaksinasi COVID-19 di provinsi ini pada Kamis (14/1).

Vaksinasi tahap pertama ini akan dilakukan terhadap 3.367 tenaga kesehatan atau nakes di tiga daerah yakni Manokwari, Kota Sorong serta Manokwari Selatan.

Selain tenaga kesehatan, pada saat pencanangan vaksinasi akan diberikan terhadap unsur pimpinan daerah, serta perwakilan tokoh adat dan agama

Pangdam XVIII/Kasuari, Wakil Kepala Kejaksaan, Direktur Binmas, pejabat daerah serta perwakikan tokoh adat dan agama diberikan vaksin pada pencanangan di RSU Provinsi Papua Barat pagi tadi

“Saya sebetulnya ingin sekali divaksin, tapi karena vaksinasi tahap pertama ini dibatasi usia sehingga belum bisa ikut,” kata Gubernur pada pencanangan itu.

Gubernur mengutarakan vaksin yang diterima Papua Barat pada tahap pertama ini sebanyak 7.160 dosis. Selain tenaga kesehatan, vaksinasi juga akan diperuntukan bagi petugas pelayanan publik.

“Untuk tenaga kesehatan pada vaksinasi tahap satu ini ada 3.367 orang. Mereka tersebar di tiga daerah yakni Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan Manokwari Selatan,” ucap Dominggus.

Ia berharap vaksinasi ini berdampak besar terhadap upaya pengendalian penularan COVID-19 di wilayahnya, yang kini sudah menembus angka 6.246 kasus positif.

“Kita bersyukur presentasi kematian pasien COVID-19 di Papua Barat relatif kecil. Sedangkan angka kesembuhan sudah mencapai 91 persen. Dengan vaksinasi mudah-mudahan Papua Barat semakin kuat,” ujarnya lagi.

Mandacan menjelaskan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan pemerintah secara nasional ini akan terus berlanjut. Diperkirakan vaksinasi baru bisa selesai pada tahun 2022 mendatang.

“Di Papua Barat hari ini kita canangkan. Besok pencanangan akan dilaksanakan di Kota Sorong, Manokwari dan Manokwari Selatan. Selanjutnya pada bulan Februari akan dilaksanakan di 10 daerah lainya, termasuk Kabupaten Pegunungan Arfak,” ujar Dominggus.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Papua Barat, Derek Ampnir pada kesempatan itu merinci pada vaksinasi tahap pertama ini Manokwari memperoleh sebanyak 2600 dosis, Kota Sorong 1.280 dan Manokwalri Selatan 368 dosis.

Pada tahap berikutnya yakni Februari 2021 vaksinasi akan dilaksanakan di Kabupaten Fakfak, Kaimana, Maybrat, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni serta Teluk Wondama.

Fakfak telah menyiapkan 882 nakes yang akan divaksinasi dengan jatah vaksin sebanyak 1.760, Kaimana 902 nakes vaksin 1 840 dosis, Maybrat 197 nakes dan vaksin 440 dosis, Pegunungan Arfak nakes 42 orang dengan jatah vaksin 120 dosis, Raja Ampat 400 nakes dengan jumlah vaksin 840 dosis.

Selanjutnya Kabupaten Sorong 960 nakes dengan jatah vaksin 1.990 dosis, Sorong Selatan 641 nakes dengan jatah vaksin 1.320 dosis, Tambrauw 146 nakes dengan jumlah vaksin 320 dosis, Teluk Bintuni nakes 699 orang dengan jatah vaksin 1.240 dosis serta Teluk Wondama dengan jumlah nakes 413 dan jatah vaksin 880 dosis. (LPB1/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini