oleh

Raja Rumagesan Masuk Daftar Pahlawan Nasional, Gubernur : Kita Patut Bangga

Manokwari,Linkpapuabarat.com-Presiden Joko Widodo hari ini mengumumkan sekaligus memberikan anugerah gelar pahlawan kepada sejumlah nama, satu diantaranya Machmud Singgirai Rumagesan. Tokoh sekaligusl Raja di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengaku bangga atas penganugerahan gelar pahlawan nasional terhadap pejuang asal Papua Barat.

“Kita harus berbangga Papua Barat punya tokoh besar. Pak Presiden Joko Widodo hari ini akan menganugerahkan gelar sebagai pahlawan nasional,” ucap Gubernur, Selasa (10/11).

Menurut Dominggus, Raja Machmud Rumagesan memiliki peran besar dalam melakukan perlawanan terhadap penjajah kala itu. Gerakan dan pengorbananya patut mendapat penghargaan dari negara.

Ia pun mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah pusat atas penganugerahan gelar pahlawan tersebut.

“Ini juga harus menjadi teladan bagi kita, dulu pahlawan berjuang rela mati mengusir penjajah. Sekarang sudah merdeka mari kita isi dengan pembangunan,” ucap gubernur.

Ketua DPRD Fakfak Siti Rahma Hegemur pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa Machmud Singgirei Rumagesan seorang raja yang cukup berpengaruh kala itu.

“Tentu kami bangga, Alhamdulillah. orang tua kami bisa masuk dalam daftar pahlawan nasional,” katanya.

Dia berharap, nama besar Raja Machmud Rumagesan diabadikan terutama di Fakfak. Para pemuda pun diharapkan meneladani nilai-nilai kepahlawanan dari tokoh besar Fakfak tersebut.

“Keluarganya masih ada, hari ini cucunya berangkat ke Jakarta mewakili keluarga untuk menerima penghargaan dari bapak Presiden di Istana Negara,” katanya. (LPB1/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini