oleh

PUPR Lanjutkan Program Bantuan Rumah Layak Huni untuk OAP Papua Barat

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat tahun ini akan melanjutkan program bantuan pembangunan rumah layak huni bagi orang asli Papua.

Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Heri Saflembolo, Jumat (22/1), mengutarakan bahwa program ini merupakan tindaklanjut dari tahun sebelumnya. Gubernur Dominggus memberikan perhatian sangat serius.

“Program bantuan rumah layak huni dimulai sejak tahun 2018. Untuk Papua Barat kita laksanakan secara merata di 13 kabupaten dan kota,” ucap Heri.

Ia menjelaskan dalam program ini masyarakat memperoleh bantuan berupa rumah siap huni dengan tipe 45. Setiap daerah memperoleh jatah masing-masing tujuh unit.

“Ini paket lengkap, masyarakat tinggal masuk,” katanya seraya menambahkan permintaan bantuan rumah layak huni masih tinggi di Papua Barat.

Saflembolo mengutarakan program ini sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat asli Papua. Pembangunan rumah bantuan PUPR ini dilaksanakan dengan pola atau sistem padat karya.

Menurutnya pada tahun 2021 cukup banyak pekerjaan infrastruktur yang harus dilakukan dinasnya. Banyak program tahun 2020 yang diluncurkan ke 2021 akibat refocussing anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19.

“Tahun ini akan ada proyek peningkatan jalan yang tahun 2020 lalu belum bisa kita laksanakan. Pada bidang cipta karya ada pembanguan dan pengembangan jaringan air bersih juga jaringan irigasi,” ujarnya

Pemerintah menginginkan pembangunan infrastruktur di Papua Barat terintegrasi dengan program pengembangan ekonomi.

“Muaranya adalah pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah saat ini sedang bekerja keras melakukan pemilihan ekonomi,” katanya lagi. (RPB1/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 komentar

  1. Pemda kami berharap kami juga bisa memiliki sebuah rumah yang layak dari yang skarang kami tempati berdiri rumah kami mulai tahun 1995 sampai sekarang kami ingin merubah namun kami hanya masyarakat biasa.

  2. Kalau bole rumah layak huni ini saya beri masukan dan memohon
    1.pejabat tidak bole dapat
    2.apa yg diluncurkan oleh presiden dalam hal ini/PUPR dan Perumahan Rakyat PUSAT sudah berikan sepunhnya tolong Dinas PUPR propinsi jalankan sesuai apa yg diperintahkan.
    3.saya mohon agar para pejabat tdk bole perjual berikan/mau jadikan uang.
    4.olong berikan semua kepada masyarakat asli Papua(OAP).
    Demikian masukan saya.
    Kalau bukan Sekang kapan lagi
    Kalau bukan kitorang siapa lagi.
    Bekerja dengan jujur dan melayani masyarakat dengan jujur maka engkau melihat tanda heran satu kepada yg lain,Juga diberkati Tuhan dan diberi UMUR Panjang.
    Kalau bole 1 unit buat saya.
    Karena saya anak yg berasal dari keluarga ekonomi yg lemah.

Terkini