oleh

“Piring Emas” Kodim Manokwari, Solusi Menuju Kebangkitan UMKM

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Kodim 1801/Manokwari tengah gencar merealisasikan Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Piring Emas) di tengah pandemi. Program ini diproyeksikan mampu mendorong kebangkitan UMKM.

Program ini adalah kolaborasi Kodim 1801/Manokwari dan BRI. Sejak diluncurkan, terobosan berbasis ekonomi kerakyatan ini telah menyentuh berbagai strata masyarakat.

Kepala BRI Cabang Manokwari Rits Jacobus De Fretes menyampaikan, BRI sebagai penopang UMKM bertujuan melakukan recovery UMKM setelah dipukul pandemi sejak 2020. Kerja sana yang dibangun dengan Kodim kata Jacobus, telah mampu membangun kembali perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk.

“Kerja sama Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari ini merupakan langkah awal membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki suatu daerah serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal yang berada di wilayah Kabupaten Manokwari,” katanya.

bersinergi melaksanakan kerjasama dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (17/03/2021)

Program Piring Emas memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Program ini telah menyerap tenaga kerja hingga perlahan mampu mendorong penulihan dunia usaha.

Piring Emas telah berjalan di Distrik Masni dan yang melaksanakan adalah Koramil 1801-06/Masni. Program yang sudah berjalan di antaranya Program Tanaman Hidroponik di Koramil 1801-06/Masni.

Ini ditandai dengan pelaksanaan panen sayur sawi dari Tanaman Hidroponik. Selanjutnya ada juga Program Pembuatan Ramuan Obat Ternak (Roter) dan Pembuatan Rens/Pagar Sapi di Kampung Muara Prafi. Program pembuatan pagar tersebut bertujuan menertibkan sapi liar dan penggemukan sapi.

Penertiban sapi liar menjadi prioritas di Distrik Masni. Alasannya, Koramil Masni berupaya mencegah terjadinya adanya gesekan antara peternak dengan petani. Orientasi kedua yakni membantu pertumbuhan populasi usaha pemeliharaan ternak sapi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, masih ada Program Piring Emas yang sedang berjalan. Yakni budidaya ikan lele sebanyak 10.000 ekor di lahan kosong Kodim 1801/Manokwari.

Keempat Program tersebut telah sudah dilaksanakan. Pihak Kodim mengemukakan, program tersebut merupakan wujud keseriusan Kodim-BRI dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Piring Emas ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Pegunungan Arfak.(LPB2/red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini