oleh

Pelantikan Panitia Mubes 7 Suku Teluk Bintuni Digelar di Gedung Women Centre

BINTUNI, Linkpapuabarat.com- Pelantikan panitia penyelenggara mubes 7 suku di masyarakat adat Teluk Bintuni untuk tahun 2021-2024, digelar di Gedung Women Center, Kali Kodik Bintuni, Sabtu (13/3/21). Mubes kali ini mengangkat tema “Masyarakat Adat 7 Suku Teluk Bintuni, Dalam Visi Pemerintah Indonesia di Masa Depan di Era Globalisasi”.

Djumat Ruslan Iribaram, ketua panitia dalam sambutannya mengatakan, musyawarah besar ke-V adalah merupakan kedaulatan masyarakat hukum adat tertinggi. Mubes ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

“Mubes merujuk dari hasil pertemuan pemerintah adat masyarakat 7 suku Teluk Bintuni dengan tokoh masyarakat, adat dan agama,” jelas Djumat.

Pelantikan dihadiri, Wakil Bupati, plt Sekda, Kajari Teluk Bintuni, Dandim 1806, Kapolres, tokoh pemuda dan tokoh perempuan pada tanggal 9 Januari 2021. Saat itu memutuskan, sebagai panitia pelaksana mubes ke-V masyarakat 7 suku Teluk Bintuni.

Panitia mubes ke-V diangkat sesuai surat keputusan nomor: 09.A/SK-LMA-M/TB/I/21. Panitia akan menyusun rangkaian program kegiatan, musyawarah besar ke-V masyarakat adat 7 suku.

Setelah menyelesaikan kegiatan, panitia segera menyiapkan laporan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban untuk diserahkan ke pemerintah adat 7 suku, paling lambat 10 hari setelah selesainya kegiatan. Lalu dari hasil itu akan dilaporkan kepada bupati.

Kata Djumat, lampiran surat keputusan personel panitia mubes ke-V masyarakat adat 7 suku Teluk Bintuni, terlampir dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari surat keputusan ini. Agar menjadi perhatian untuk diketahui dan dilaksanakan oleh para yang bersangkutan.

“Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan berakhir setelah kegitan mubes ke-V selesai, dan kemudian hari apabila ada kekeliruan dalam surat keputusan ini, maka akan diadakan perbaikan sebagiamana mestinya,” tutup Djumat

Pelantikan panitia dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni Otto Ismail, Dandim 1806/ Letkol INF Kadek Abriawan, anggota DPRD Teluk Bintuni Stepanus Balbun dan Erwin Beddu Nawawi serta Wakapolres.

Hadir pula,Kabag OPS Polres Teluk Bintuni, Kompol M .T Baraweri, Plt Sekda Teluk Bintuni Frans Awak, Kepala dinas Perindagkop Teluk Bintuni, Ketua MUI, Ketua KNPI dan Kepala Kementerian Agama Teluk Bintuni. (LPB5/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini