oleh

Peduli Lingkungan, DPD PDIP PB Tanam Pohon di 5 Lokasi Berbeda

MANSEL– DPD PDI Perjuangan Provinsi  Papua Barat melakukan penanaman anakan pohon 5 lokasi berbeda, Sabtu (23/1).

Kegiatan penanaman pohon dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan ini juga sebagai hadiah ulang tahun ke-74 untuk Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Adapun 5 titik yang dipilih sebagai lokasi penanaman yakni bantaran kali Wosi, pantai Maruni, pantai tanah rubuh, pantai Wedoni dan pantai Aerlangga. Jenis tanaman yang ditanam adalah Cocos nucifera (pohon kelapa), Casuarina equisetifolia (Cemara Laut), Arborea ( Jatih Putih) , Intsia (kayu besi) dan Pometia pinnanta (kayu Matoa).

Aksi tanam pohon dipimpin langsung oleh Ketua DPD PDIP Papua Barat, Markus Waran didampingi didampingi sejumlah DPD, pimpinan serta pengurus DPC PDIP Manokwari yang dikoordinir langsung oleh Ketua DPC Manokwari, Doni Mandacan, Pengurus serta anggota DPC Manokwari Selatan yang dikoordinir langsung oleh Ketua DPC, Moses Anari.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah anggota DPR Fraksi PDIP, baik anggota dari DPR Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Anggota DPR dari Provinsi Papua Barat. Juga tampak hadir kader partai PDIP yang juga adalah Bupati terpilih kabupaten Manokwari, Hermus Indou.

Masing-masing peserta menggali lubang sendiri untuk menanam pohon.

Kepada wartawan, Markus Waran mengatakan, kegiatan penanaman ini merupakan wujud nyata kepedulian partai untuk kelangsungan lingkungan hidup.

Dirinya juga mengapresiasi loyalitas  pengurus DPP PDIP Papua Barat pada pelaksanaan tanam pohon yang dilaksanakan secara nasional ini.  Dirinya menambahkan aksi penanaman pohon merupakan kegiatan yang sangat penting bagi provinsi Papua Barat sebagai provinsi konservasi.

” Aksi ini tentunya memberi manfaat bagi semua daerah, tetapi terlepas dari itu kita di provinsi Papua Barat adalah provinsi yang sudah dicanangkan sebagai provinsi Konservasi, oleh sebab itu pemilihan aksi ini sangat kami apresiasi,” kata Markus.

Markus berharap semua pohon  yang sudah mereka tanam akan terus dijaga dan dirawat agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga kelak pohon tersebut boleh memberikan manfaat dalam mencegah banjir dan abrasi.

“Selain mengurangi resiko bencana, beberapa diantaranya juga bisa dinikmati buahnya. Tak kalah penting beberapa jenis pohon ini kelak akan menghasilkan iklim mikro yang dapat memberi kesejukan di sekitarnya” jelas Waran. (LPB6/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini