oleh

Pandemi, Program Palapa Ring Timur di Manokwari dihentikan sementara

MANOKWARI,Linkpapuabarat.com- Kepala Dinas Persandian dan Kominfo Manokwari, Bondan Santoso menyampaikan program Palapa Ring Timur dari Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kemen Kominfo) yang bertujuan untuk mempermudah aksebilitas wilayah Papua dan Papua Barat saat ini diberhentikan sementara akibat adanya pandemi Covid-19.

“Program ini dia harapkan menjadi pintu masuknya provider diwilayah ini. Namun dengan adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) sehingga program tersebut pun terkena imbasnya. Memang selama tahun 2020 program itu dihentikan sementara Sehingga kita juga masih menunggu kelanjutannya,” ungkap Bondan Senin (11/1/2021).

Dikatakan Bondan, infrastruktur yang digunakan untuk program ini yakni fiber optik (FO) untuk menunjang programnya tersebut.

“Saat ini memang baru satu provider di Papua Barat khususnya Manokwari. Daerah sangat bersyukur dengan program ini. Dengan adanya program Palapa Timur maka provider lainnya juga bisa masuk ke sini agar terjadi keseimbangan harga dan layanan yang ditawarkan ke masyarakat. Jadi memang ada beberapa layanan yang selama ini belum bisa dirasakan manfaatnya,”ungkap dia.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Jaringan ini akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia dan terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi.(LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini