oleh

Mugiono Soal Pergub Protokol Kesehatan: Jangan Hanya Hukuman, Yang Taat Perlu Diberi Reward

MANOKWARI – Anggota DPR Papua Barat Mughiyono menyambut baiknya Peraturan Gubernur (Pergub) Papua Barat no 23 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Terlebih dalam aturan tersebut juga mengatur sanksi bila ada warga yang melanggar. Menurutnya perlu juga mengatur reward bagi warga yang patuh terhadap pergub tersebut.

“Masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan karena itu merupakan upaya untuk memutus mata rantai covid-19. Memang masih ada masyarakat yang belum sadar padahal itu sudah masif di media sehingga pasti masyarakat sudah tau. Untuk itu upaya edukasi terus dilakukan. Dalam aturan kan sudah ada yang melanggar protokol kesehatan didenda, tetapi juga yang patuh diberi reward. Ini untuk memacu kesadaran masyarakat,”ungkap dia Kamis (24/9/2020).

Dikatakannya, meskipun sudah ada aturan tegas terhadap yang melanggar protokol kesehatan, tetapi juga masih banyak masyarakat yang tidak patuh. Kesadaran masyarakat harus terus ditumbuhkan karena ini sebagai upaya untuk menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Politisi PKS itu mendorong pemda lebih melibatkan jajaran pemerintahan ditingkat bawah yaitu Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

“Perlu melibatkan pemerintahan ditingkat bawah yaitu RT dan RW agar bisa membantu memberikan sosialisasi ke warganya. Mereka itu yang setiap saat dilingkungan tempat tinggal. Meskipun harus diakui itu berdampak pada alokasi anggaran yang lebih besar. Yang terpenting bagaimana pesannya itu bisa tersampaikan,”tutup dia.(LPB3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini