oleh

Marak Begal, Polres Manokwari Bentuk Tim Khusus

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com-Maraknya aksi kawanan begal di Manokwari membuat gerah aparat kepolisian.

Guna memburu pelaku begal, Polres Manokwari membentuk tim khusus yang akan difokuskan untuk meringkus komplotan pembegal yang kerap melukai bahkan mengancam membunuh para korbannya

Tim Khusus sudah dibentuk, kini personil Timsus pun ditambah.

Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Sanjaya SIK mengungkap penambahan personil Timsus bertujuan memaksimalkan perburuan para pelaku begal alias pelaku kejahatan jalanan.

“Kerja Tim Khusus dimaksimalkan. Kita libatkan seluruh fungsi dan jajaran Polres dan Polsek Kota Manokwari. Polda Papua Barat, juga ada tim khusus,” jelasnya, Selasa (26/1/2021) di Manokwari.

Menurutnya patroli dan mapping (pemetaan) dilakukan secara intens. Sementara pelibatan intelejen saat ini berhasil mengidentifikasi beberapa terduga pelaku begal.

Pihaknyajuga telah menginstruksikan agar jajarannya meningkatkan patroli, terutama malam hari di jam-jam rawan hingga dini hari.

“Sudah ada yang teridentifikasi. Kita butuh dukungan masyarakat, yang mau ditangkap ini memiliki kemampuan. Tindakan tegas tembak di tempat pelaku begal, banyak disuarakan di berbagai media sosial. Namun, soal ini tentu disesuaikan dengan prosedur operasional standar (SOP),” beber Kapolres.

“Ada tegas dan tegas terukur. Jika kooperatif, tidak mungkin kita tembak. Ingat, yang diperangi itu kelakuan dan tindakan, bukan orangnya,” ujarnya lagi.

Sekali lagi dirinya menegaskan aparat kepolisian tidak takut, bahkan tak segan menindak tegas pelaku begal yang kian meresahkan warga Manokwari.

Sejauh ini tercatat 6 laporan kasus begal yang ditangani polisi, dimana korban terbanyak adalah kaum perempuan. Untuk itu, warga Manokwari diimbau tetap waspada saat bepergian.

“Para pelaku mengambil kesempatan, pengendara di jalan sepi menjadi target apalagi membawa tas atau bahkan mengenakan perhiasan. Ini harus diantisipasi,” pesannya.

Kapolres tak menampik jika bantuan informasi dari masyarakat terkait tindak kriminal di jalanan, akan sangat membantu. Minimal, berani memberikan informasi kepada polisi.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kota Manokwari, Iptu B. Gunawan mengakui sejumlah personil polsek dilibatkan dalam tim khusus.

“Kita hanya melengkapi tim yang sudah ada. Intinya kerja maksimal dan memberantas begal di Manokwari,” singkatnya. (LPB2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini