oleh

Launching Aplikasi Sisar Matiti, Perkenalkan ‘Si Pace’ sampai ‘Pak Kumis’

BINTUNI, Linkpapuabarat.com- Polres Teluk Bintuni melauching Aplikasi Sisar Matiti, Sabtu (27/3/2021). Aplikasi ini adalah inovasi pelayanan sistem digital yang mencakup semua bidang di kepolisian.

Terobosan Sisar Matiti ini merangkum 6 bidang 3 pelayanan. Di antaranya SI PACE, IKAN MAS, SI PAK KUMIS, SI NONA, SERSAN hingga SI MANIS.

“Semua bidang pelayanan ini muaranya membangun zona intengritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK). Serta wilayah birokrasi bebas melayani (WBBM). Program Sisar Matiti akan mengantar pada misi zona integritas itu,” terang Kapolres Teluk Bintuni AKBP Hans R Irawan.

Karena itu Hans mengajak masyarakat memanfaatkan 6 layanan digital itu. Ia menyampaikan, untuk mengakses layanan tersebut sangat simpel. Cukup men-download aplikasi Sisar Matiti di Playstore.

“Aplikasi Sisar Matiti ini pertama di Provinsi Papua Barat khususnya Polres Teluk Bintuni. Tujuannya untuk mempermudah dalam melayani masyarakat. Dalam berbagai pelayanan. Mulai dari SKCK, SIM, BPKB serta yang lainnya. Layanan ini menghindarkan dari antrean,” paparnya.

Kapolres pun berharap bantuan pemkab agar mendorong Telkomsel memaksimalkan jaringannya. Pasalnya dalam beberapa hari ini jaringan sedikit terganggu hingga tak bisa digunakan dengan baik.

“Kami juga meminta dukungan kepada berbagai sumber dan terutama jajaran polres yang harus bisa menyesuaikan dalam pelayanan kepada masyarakat mengunakan aplikasi sisar matiti ini, kami pun akan segera melakukan sosialisasi kepada masyrakat terkait aplikasi ini” tutup kapolres

Wakapolres Eko Yusmiarto menjelaskan, Aplikasi Sisar Matiti adalah sistem pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi. Ia menjelaskan fungsi dari 6 model layanan itu.

Pertama, Si Pace. Layanan ini basisnya pada SPKT. Dimana dengan memanfaatkan aplikasi Si Pace (Panggilan Cepat) masyarakat bisa melaporkan berbagai hal. Seperti laporan kehilangan, laporan lakalantas, pengawalan hingga tindak kriminal di lingkungannya.

Kedua, Si Manis. Layanan ini merupakan terobosan inovasi pelayanan bantuan hukum yang dilakukan oleh Polres Teluk Bintuni. Layanan ini sebagai implementasi menuju Polri yang presisi, prediktif, responsibilitas, dan tranparansi. Layanan ini diberikan secara gratis.

Selain itu, ada juga Si Nona Satlantas. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan prima, yang modern dari satuan lalu lintas dan berbasis IT. Di dalamnya mencakup pelayanan SIM online, STNK dan BPKB.

Lalu Si Noma Intelkam adalah pelayan dari satuan intelkam Polres Teluk Bintuni, untuk mempermudah dalam pelayanan SKCK secara Online. Kemudian Sersan Satreskrim merupakan inovasi, upaya pelayanan prima kepada masyarakat guna mempercepat proses lidik dan sidik, SP2HP online. Juga antar jemput saksi atau korban.

Kemudian ada juga Lontar Sat Tahti. Yakni memberikan pelayanan tatap muka secara online kepada tahanan agar bisa berkomunikasi melalui media online tanpa perlu menghawatirkan jarak dan waktu.

Selanjutnya ada Pak Kumis. Ini adalah layanan Propam dalam mempermudah masyarakat untuk melaporkan ke Propam terkait perilaku anggota Polres Teluk Bintuni yang menyalahgunakan wewenag atau melakukan tindak pidana disiplin. Layanan ini tanpa harus mengeluarkan biaya datang ke Polres Teluk Bintuni.

Layanan Ikan Mas. Ini adalah suatu aplikasi penilaian masyarakat terhadap kinerja personel Polri yang bertugas melayani masyarakat. Jadi layanan juga sebagai bentuk pengawasan dalam menjaga kualitas pelayanan kepolisian.

Wabup Matret Kokop dalam sambutannya mengatakan, aplikasi ini sangat luar biasa untuk mempermudah melayani masyarakat.

“Saya akan sampaikan kepada kepala Telkom. Hal yang berkaitan dengan komunikasi pelayanan sangat penting, sehingga mempermudah pelayanan bila jaringannya bagus,” kata Wabup.

Ia juga mengajak masyarakat menyosialisasikan aplikasi ini.

“Tolong sebar luaskan aplikasi Sisar Matiti ini kepada seluruh masyarakat Teluk Bintuni. Ini wujud pelayanan Polres kepada masyarakat agar lebih baik dan lebih mudah,” tutup Wabup. (LPB2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini