oleh

KONI: Atlet yang Berlaga di PON Papua Wajib Divaksin

JAYAPURA, Linkpapuabarat.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi atlet, ofisial dan delegasi dari seluruh provinsi se-Indonesia yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. PON digelar 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah memerintahkan vaksinasi bagi atlet, pelatih dan official yang berlaga di PON XX Papua. Presiden juga memerintahkan masyarakat yang tinggal di sekitar venue akan di vaksin. Pemerintah terus mengevaluasi dari waktu ke waktu tentang perkembangan Covid di daerah ini,” kata Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di.sela-sela kunjungan ke Kantor Bupati Jayapura, Rabu siang (7/4/2021).

Marciano mengingatkan bahwa vaksinasi sangat penting agar seluruh atlet yang berlaga di PON dalam keadaan sehat dan tidak terkontaminasi virus Corona. Oleh karena itu, vaksinasi berlaku untuk semua atlet baik atlet dari luar Papua maupun atlet tuan rumah.

“Atlet, pelatih, ofisial yang datang ke Papua wajib vaksin termasuk yang di Papua. Seluruh kontingen harus di vaksin. Harapannya agar atlet, pelatih dan ofisial yang datang ke Papua dalam keadaan sehat, begitupun saat kembali ke provinsi masing-masing,”ujarnya.

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional itu mengatakan, PON XX Papua seharusnya digelar pada tahun 2020. Namun karena pandemi Corona-19, Presiden memerintahkan PON Papua ditunda.

“Semula PON harus dilaksanakan pada tahun 2020 tetapi karena masa pandemi Covid-19, Gubernur Papua, Kemenpora dan Ketua KONI mendapat perintah dari bapak Presiden untuk diundurkan satu tahun. Dan akhirnya tahun ini pada tanggal 02 sampai 15 oktober digelar PON”.

Rabu siang, Ketua KONI bersama Ketua Kontingen PON se-Indonesia berkunjung ke Kabupaten Jayapura tepatnya di Kantor Bupati, Gunung Merah, Sentani. Rombongan diterima Bupati Jayapura Mathius Awoitauw bersama jajaran.

Bupati Mathius menyampaikan komitmennya menyukseskan PON XX Papua dan siap melayani seluruh kontingen PON se-Indonesia sebagai sesama anak bangsa.

“Sebagai tuan rumah, kami Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama masyarakat bertekad mensukseskan PON XX dan siap melayani atlet,pelatih dan ofisial dari seluruh Provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat, Provinsi Papua dan KONI yang memberikan perhatian serius atas terselenggaranya PON XX. Kabupaten Jayapura termasuk kluster PON dengan jumlah venue terbanyak.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat, provinsi dan KONI mendukung penyelenggaraan PON di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura dengan membangun berbagai fasilitas olahraga bertaraf internasional,” tandas Bupati Awoitauw. (LPB2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini