oleh

Komandan Armada III TNI AL Proyeksikan Pos Bintuni Segera Jadi Lanal

BINTUNI,Linkpapuabarat.com- Komandan Armada III TNI AL Brigjen TNI Markos berkunjung ke Kabupaten Teluk Bintuni, Jumat (19/3/2021). Ia disambut tarian adat di Dermaga Bintuni.

Hadir dalam penyambutan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dan istri. Brigjen Markos datang bersama sejumlah pejabat Angkatan Laut Sorong.

Brigadir Jendral TNI Markos mengatakan, ia telah merencanakan untuk mengunjungi Pos AL yang ada di wilayah Papua Barat. Sementara di Teluk Bintuni kedatangannya untuk mengetahui situasi di Pos AL Bintuni.

“Ini pertama kali saya datang. Saya sangat terkesan disambut oleh Bapak Bupati. Berarti itu menunjukan hubungan yang baik antara unsur TNI/Polri, AL, AU, yang menjadi bentuk sinergitas secara nyata,” ujar Brigjen Markos.

Ia menyampaikan, Angkatan Laut adalah organisasi yang berkembang. AL punya beberapa aset di Kabupaten Teluk Bintuni. Dan saat ini pihaknya datang untuk memastikan apakah Pos AL Bintuni sudah memenuhi syarat menjadi Lanal.

“Kalau untuk pengamanan obyek vital itu punya keamanan tersendiri, selama dari lembaga yang berwenang tidak menyuruh untuk mengamankan kita tidak lakukan. Tetapi bila ada kerja sama atau MOU pasti kita akan mendukung hal itu,” kata Markos.

Untuk progres LANAL pihaknya masih mengumpulkan data, fakta, kondisi, dari lembaga elemen. Jika telah mencukupi, akan dirumuskan bersama untuk dilaporkan ke satuan atas.

“Kalau untuk Bintuni kami berharap secepat-cepatnya menjadi LANAL,” katanya.

Markos juga memberi apresiasi pada bupati yang akan menjadikan Bintuni sebagai kawasan ekonomi khusus. Bupati juga berharap dukungan TNI AL, terutama dalam mendorong hadirnya kapal TNI AL di daerah itu.

“Kami juga akan bersilaturahmi kepada pemda, ketua adat, serta tokoh masyakarat d Kabupaten Teluk Bintuni,” tutup Markos. (LPB5/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini