oleh

Kesbangpol Teluk Bintuni Gelar Pembinaan Wilayah Teritorial Bagi Ormas dan OKP

Bintuni,Linkpapuabarat.com-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Teluk Bintuni, adakan kegiatan pembinaan wilayah teritorial bagi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) tingkat kabupaten, di  Aula Kantor KPU, Kamis (12/11/20).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pjs bupati Teluk Bintuni, Agustinus Melkias Rumbino diwakili Asisten II Setda Teluk Bintuni, Ir. I.B. Putu Suratna.

Dalam sambutannya, Suratna mengatakan pembinaan bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara seperti yang tercantum dalam UUD 1945 pasal 30 ayat 1 yang berbunyi” Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan”.

Wawasan kebangsaan, mengandung pula tuntutan suatu bangsa untuk mewujudkan diri, serta mengembangkan prilaku,sebagai bangsa yang meyakini nilai nilai budayanya yang lahir dan tumbuh sebagai penjelmaan kepribadian bangsa.

Menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan, bangsa dan negara Indonesia yang terdiri dari beberapa suku bangsa,yang membentang dari sabang sampai merauke, dengan beragam bahasa dan adat istiadat kebudayaan yang berbeda-beda.

Ormas dan OKP dituntut selalu menumbukan rasa memilik jiwa besar dan patriotisme untuk menjaga kelangsungan hidup, bangsa dan negara, saling tolong menolong, mencipatakan kerukunan beragama dan toleransi dalam menjalankan ibadah,sesuai agama masing-masing, saling menghormati dengan sesama dan menjaga keamanan lingkungan. Memiliki kesadaran,sebagai warga negara indonesia yang menghormati lambang-lambang negara dan mentaati peraturan perundang undangan.

“Tahun ini kita sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara, akan melaksanalan Pilkada bupati dan wakil bupati, pada tanggal 9 desember 2020, mari kita sama-sama menjaga pesta demokrasi, sehingga menjadi pesta yang bermartabat dan kita sebagai masyarakat bintuni di akui dikancah nasional,” kata bupati.

“Mari kita menjaga budaya kekeluargaan yang diajarkan oleh orang tua kita, karena pada dasarnya kita adalah kluarga besar yang mendiami tanah Sisar Matiti, utamakan kekeluargaan, hindari tindakan anarkis, yang dapat membuat kerugian pada diri kita sendiri, mari kita bergandengan tangan dalam membangun teluk bintuni yang kita cintai” pungkas bupati.

Sejumlah Ormas dan OKP nampak hadir pada kegiatan ini, diantaranya FKPPI, KNPI, Forkopinda, Banser dan lain sebagainya. Selaku pemateri pada kegiatan ini yakni, Dandim 1806 Teluk Bintuni yang diwakili Kasdim, Mayor Inf Rayner Wajong., MM didampingi Sekretaris Badan Kesbangpol Teluk Bintuni, Markus Marlen Iba, ST, M.Si serta Kasdim 1806 Teluk Bintuni, Mayor Inf Rayner Wajong. (LPB5/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini