oleh

Kemenpan RB Setuju Tambah 190 CPNS OAP, NIP Segera Terbit

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) telah merestui penambahan 190 formasi CPNS bagi Orang Asli Papua (OAP) di Pemkab Manokwari. Penambahan ini menggenapkan total CPNS formasi 2018 menjadi 570 orang.

“Dengan penambahan formasi bagi OAP sebanyak 190 orang ditambah yang telah diterima sebelumnya berjumlah 380 orang maka total yang diterima sebanyak 570 orang. Itu yang nantinya dilakukan pemberkasan,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Manokwari Anthon Renyaan, Selasa (30/3/2021).

Menurut Anthon, saat ini 570 CPNS tersebut tengah melengkapi data-data pribadi. Selanjutnya data akan diterima BKD untuk diteruskan ke pusat.

“Dilanjutkan ke pusat menggunakan aplikasi untuk dikeluarkan Nomor Induk Pegawai (NIP),” ujar Renyaan.

Dikatakannya, formasi tambahan 190 orang tersebut akan dipanggil terlebih dahulu untuk mendapatkan arahan berkaitan dengan pemberkasan. Nantinya seluruh berkas akan diverifikasi kembali.

Termasuk menyetujui pernyataan ditempatkan sampai 10 tahun di tempat tugas sesuai formasi saat pendaftaran.

“Untuk yang formasi 380 awal ini kebanyakan sesuai dengan saat mendaftar awal di kantor distrik atau kantor pemerintahan yang letaknya di pinggiran kota. Terutama di bidang kesehatan dan pendidikan. Memang ada beberapa yang minta ditempatkan di beberapa OPD seperti di keuangan, Bappeda atau OPD lainnya. Tentu itu tidak bisa, karena setiap unit punya kebutuhan pegawai masing-masing,” ungkap dia.

Dalam penentuan formasi tambahan 190 OAP, dijelaskan Renyaan, merupakan bagian dari afirmasi sehingga mempertimbangkan sejumlah aspek. Misalnya orang tua memiliki jasa, perwakilan suku-suku OAP dan lainnya.

“Kalau yang formasi tambahan ini bagian dari afirmasi sehingga itu merupakan kewenangan pimpinan daerah. Sudah ada duduk bersama antara pencaker ini dengan pemerintah,” tutup dia. (LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini