oleh

Ini Prioritas Pembangunan Distrik di Mansel, dari Jalan Kampung sampai Telkomsel

MANSEL, Linkpapuabarat.com- Sejumlah usulan prioritas pembangunan distrik di Manokwari Selatan mengemuka di musrenbang. Usulan masih didominasi infrastruktur, mulai dari pembangunan rumah layak huni hingga keberadaan jaringan Telkomsel.

Kepala Distrik Oransbari Yakobus Frits Ramar saat ditemui wartawan beberapa hari lalu menyampaikan, semua kampung di wilayah pemerintahannya sudah melaksanakan musyarawah pembangunan kampung (muskam) untuk tahun 2022 mendatang. Meskipun usulan perumahan masih tetap ada, namun sudah tidak menjadi prioritas

“Sekarang kita di Oransbari sudah mulai bergerak maju selangkah demi selangkah. Prioritas usulan masyarakat untuk layanan dasar tinggal penyediaan air bersih. Saat ini yang dominan penyediaan sarana pertumbuhan ekonomi dan pengembangan spot wisata,” katanya.

Sementara untuk masyarakat kampung Distrik Momiwaren lebih condong untuk memperjuangkan peningkatan layanan Telkomsel. Tidak tanggung-tanggung mereka meminta pembangunan dua buah tower untuk melayani warga di 7 kampung yang ada di daerah tersebut.

“Kita juga punya usulan peningkatan jalan untuk mendukung pengembangan wisata di wilayah Moniwaren. Kami punya spot wisata yang cukup dan ini akan menjadi prioritas kami ke depan,” jelas Kepala Distrik Momiwaren Frits Yewun saat ditemui Wartawan di halaman Kantor Bupati Mansel beberapa hari lalu.

Ia meminta dukungan pemerintah untuk memacu penataan tempat wisata. Harapannya, dengan dikembangkannya spot wisata yang ada bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Berbeda dengan dua distrik lainnya yang ada di pesisir. Distrik Dataran Isim hingga saat ini masih cenderung mengusulkan hal yang sama dari tahun-tahun sebelumnya.

Kepada media, Kepala Distrik Isim Agus Iba menyampaikan bahwa perubahan usulan hanya pada usulan pembangunan rumah karena sudah mulai terbantu dengan dana desa.

“Kalau yang lainnya, seperti jalan, jaringan listrik, layanan Telkomsel, dan air bersih masih menjadi perjuangan utama masyarakat kami dari Isim. Mudah-mudahan di periode kedua masa pemerintahan definitif ini sudah bisa terjawab,” katanya.

Menurutnya, masyarakat Isim untuk saat ini belum bisa berpikir terlalu jauh tentang pertumbuhan ekonomi. Yang dibutuhkan untuk saat ini adalah dukungan fasilitas infrastruktur dasar untuk membuat mereka nyaman dalam beraktivitas. (LPB6/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini