oleh

Gubernur Dominggus Tunjuk 3 Sekda Jadi Plh Bupati

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menunjuk tiga sekretaris daerah menjadi plh bupati pada 3 kabupaten. Ketiga kabupaten itu adalah Fak-Fak, Kaimana dan Sorong Selatan.

Penunjukan plh dilakukan setelah kepala daerah periode sebelumnya telah berakhir masa kepemimpinannya. Namun belum dilakukan pelantikan kepala daerah terpilih.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Papua Barat Agustinus M Rumbino mengatakan ketiganya akan menjabat plh hingga dilantiknya pasangan kepala daerah terpilih.

“Ada 3 kepala daerah yang berakhir hari ini sehingga untuk mengisi pemerintahan telah ditunjuk plh untuk melaksanakan tugas itu. Kewenangannya itu diberikan kepada sekda sebagai plh bupati sambil menunggu pelantikan kepala daerah yang dilakukan serentak sekitar bulan April nanti,” ungkap Rumbino, Rabu (24/3/2021).

Dikatakan Rumbino, tugas dan kewenangan plh sangat terbatas. Tugas plh hanya yang bersifat rutin.

“Tentu kewenangan plh terbatas. Dalam pelaksanaan tugas tetap mengacu pada ketentuan yang sudah berlaku, apalagi ini hanya beberapa hari sambil menunggu pelantikan,” katanya.

Menurutnya, tidak ada kebijakan atau keputusan yang diambil secara prinsip atau luar biasa oleh plh. Adapun kebijakan kebijakan detail lebih akan dilakukan oleh kepala daerah terpilih.

Sementara itu tiga kabupaten belum dilakukan pelantikan karena
masih menunggu SK pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri. Mengingat pilkada dilaksanakan serentak sehingga pelantikannya juga akan dilaksanakan serentak. (LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini