oleh

Gandeng Polbangtan, Pemkab Manokwari Target Lahirkan 2,5 Juta Petani Milenial

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Pemkab Manokwari menjalin kerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian mendorong pertanian modern di daerah itu. Kerja sama ini ditargetkan bisa mencetak 2,5 juta petani milenial dalam 5 tahun.

“Kita melaksanakan koordinasi dengan bupati untuk melaksanakan sejumlah program dari Kementerian Pertanian. Seperti optimalisasi komando strategi pembangunan pertanian dan penumbuhan petani milenial. Dalam 5 tahun kedepan ditargetkan akan ada 2,5 juta petani milenial. Sehingga kita membutuhkan peran serta dari pemda,” ungkap Direktur Polbangtan Manokwari drh Purwanta, Selasa (16/3/2021).

Purwanta mengungkapkan, program ini membuka semua sektor komoditi. Karena Polbangtan juga berencana untuk mengembangkan komoditi kopi di wilayah Mokwam.

“Kita berencana melakukan pengembangan kopi di Mokwam. Tahun ini akan ada 9 ribu bibit kopi berkualitas unggul yang akan ditanam di sana,” jelasnya.

Dikatakannya, tidak hanya kopi, pihaknya juga menjadi salah satu pihak yang mendukung variates baru padi yaitu empari. Kata Purwanta, untuk mendapatkan kualitas padi yang baik memang harus selalu mengganti varietas. Sehingga di situlah peran Polbangtan.

Peneliti Polbangtan Manokwari Demas Wamaer mengatakan, kerja sama Polbangtan Manokwari dengan Pemda Manokwari dapat meningkatkan komiditi yang memiliki potensi di Manokwari. Peluang ini harus dimanfaatkan. Karena pertanian memiliki peran sentral dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga kerja sama ini benar benar sampai pada target yakni mencetak 2,5 juta petani milenial dalam 5 tahun,” imbuhnya. (LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini