oleh

Dominggus Minta Bank Permudah Kredit Petani Rumput Laut Wondama

Manokwari,Linkpapuabarat.com-Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meminta perbankan memberi kemudahan bagi petani rumput laut di Teluk Wondama mengakses kredit sebagai modal usaha.

“Berikan asistensi serta kemudahan modal bagi mereka agar usaha mereka berkembang,” kata Gubernur, Senin (2/11).

Dia menjelaskan bahwa rumput laut masuk dalam grand desain investasi hijau serta peta jalan pengembangan komoditas nondeforestasi di Papua Barat.

Budidaya rumput laut terbukti mampu menggerakan ekonomi masyarakat kampung di tiga distrik/kecamatan Teluk Wondama. Beberapa waktu lalu, rumput laut produksi petani asli Papua di kabupaten tersebut telah dikirim ke Surabaya.

“Instansi terkait di provinsi dan Kabupaten Teluk Wondama juga harus memberi perhatian yang lebih besar untuk masyarakat asli Papua yang saat ini melakukan budidaya rumput laut. Pasar sudah terbuka tinggal petani yang harus kita persiapkan,” ucap dia lagi.

Gubernur juga menginginkan satuan tugas komoditas unggulan Papua Barat segera dibentuk. Seluruh pemangku kepentingan dari hulu hingga hilir agar terlibat termasuk mitra pengembangan ekonomi hijau.

“Lalu disusun rencana induk pengembangan komoditas unggulan dan juga rencana usahanya supaya terarah serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat,” sebut Mandacan.

Menurut dia petani rumput laut di Teluk Wondama masih membutuhkan banyak perhatian. Kapasitas petani harus ditingkatkan untuk memacu volume serta kualitas produksi.

Semua pihak diharapkan terlibat dalam menciptakan iklim usaha agar budidaya dan pertumbuhan industri rumput laut masyarakat pesisir Teluk Wondama berkembang. (LPB1/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini