oleh

DLH verifikasi teknis pengolahan limbah di Hadi Supermarket

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manokwari kembali melakukan verifikasi teknis. Kali ini DLH mengecek langsung pengolahan limbah domestik di Hadi Supermarket pada Selasa (12/1/2021).

Chief Engginering Hadi Supermarket, Amirudin mengatakan pengolahan air limbah dari aktifitas karyawan sudah diolah.”Hasil pengolahan air limbah bisa dimanfaatkan ulang untuk mencuci kendaraan atau menyiram tanaman yang ada disini. Kita jamin kualitas air hasil sudah aman karena sudah ditreatment yang hasil akhirnya sudah di filter. Hasil olahannya sudah diuji laboratorium sebagai bahan laporan ke DLH untuk kelayakannya,”ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup dan Keaneka Ragaman Hayati DLH Manokwari, Yohanes Ada Lebang menjelaskan pengolahan limbah di Hadi Supermarket sudah sangat baik. “Teknologi yang digunakan untuk mengolah limbah domestik sudah canggih. Hasil olahannya akan dicek kembali di laboratorium apakah sudah layak atau belum untuk dilepas saluran. Secara kasat mata keliatan sudah bagus dan tidak berbau. Tinggal bagaimana lintasan air hujan dengan limbah domestik jangan tercampur,”ungkap Lebang.

Dia mengingatkan bahwa pelaku bisnis wajib mengolah limbah domestiknya. Sehingga tidak ada lagi persepsi yang menyebutkan pemerintah menyulitkan pengusaha.”Penerbitan setiap izin usaha harus ada rekomendasi dari DLH sehingga itu suatu kesatuan sesuai dengan aturan. Untuk bisa diterbitkan rekomendasi itulah kita melakukan verifikasi teknis secara langsung dilapangan,”tambah dia.(LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini