oleh

Bro Purwanto Mulai Roadshow untuk Perkuat Insfrastruktur PSI di Papua Barat

MANOKWARI,Linkpapuabarat.com-Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia, Purwanto, SH., M.Kn mulai melakukan roadshow ke daerah yang dimulai di Manokwari, usai mendapat mandat sebagai ketua definitif dari Dewan Pimpinan Pusat PSI. Sabtu (13/3) Sore, Purwanto menghadiri konsolidasi pengurus DPD PSI Manokwari yang membahas kesiapan mereka menghadapi verifikasi dan Pemilu 2024.

Sementara itu Purwanto menyebut telah mengagendaka roadshow ke daerah-daerah untuk mendorong penataan infrastruktur PSI dan membangkitkan optimisme kader PSI di provinsi Papua Barat menghadapi verifikasi. Sebuah sekretariat telah disiapkan sebagai basecamp yang akan mengontrol aktivitas DPD-DPD di daerah ini. Termasuk nanti di kota sorong sebagai ousat koordinasi untuk wilayah Sorong Raya.

“Saya minta kepada seluruh DPD untuk mulai fokus dan serius mempersiapkan diri menghadapi verifikasi baik administrasi maupun keanggotaan. Tidak boleh melempem karena ini pintu masuk bagi PSI untuk menjadi peserta Pemilu. Pengalaman sebelumnya dimana PSI sukses melewati verifikasi adalah pengalaman. DPW akan terus memberi suport agar seluruh DPW bisa melaluinya,” kata Bro Purwanto yang juga adalah Ketua Umum Gapeknas dan Askoni Papua Barat.

Purwanto yang juga baru terpilih sebagai Koordinator Presidium KAHMI Manokwari mengungkap dirinya telah mengagendakan roadshow ke daerah-daerah untuk mendorong penataan infrastruktur PSI dan membangkitkan optimisme kader PSI di provinsi Papua Barat menghadapi verifikasi. Sebuah sekretariat telah disiapkan sebagai basecamp yang akan mengontrol aktivitas DPD-DPD di daerah ini. Termasuk nanti di kota sorong sebagai pusat koordinasi untuk wilayah Sorong Raya.

Ia pun sangat optimis PSI akan menunjukkan kiprah yang signifikan pada Pemilu 2024 nanti termasuk di Papua Barat.

Sementara itu Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tangdirerung menjelaskan bahwa Verifikasi Partai Politik bukanlah sebuah instrumen kepemiluan yang dimaksud untuk memangkas peran dan partisipasi partai politik, terutama dalam semangat memperkuat sistem presidensial.

“Justru dengan verifikasi setiap partai politik memperkuat basis administrasi dan keanggotaannya. Jadi verifikasi jangan hanya dilihat sebagai beban meskipun kenyataannya memang butuh energi dan fokus untuk melaluinya. Ini justru peluang untuk memperbaiki sistem kepartaian kita secara internal,” kata Patrix.

Dalam sistem presidensial, lanjut Patrix penyederhanaan partai politik memang merupakan sebuah keniscayaan. Meski begitu, yang ideal adalah proses itu berlangsung secara alamiah.

Belakangan, ada tren positif terhadap elektabilitas PSI berdasar kajian sejumlah lembaga survei yang menurut Patrix mengindikasi adanya peluang yang lebih besar bagi PSI untuk berkiprah dalam pentas politik nasional. “Ini menambah optimisme kita,” katanya.

“Soal verifikasi, kita sudah punya pengalaman, modal dan kapasitas yang cukup untuk menghadapinya,” tambahnya. (*/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini