oleh

BPBD Keluarkan Peringatan: Papua Barat Rawan Bencana, Waspadai Cuaca Ekstrem

MANOKWARI, Linkpapubaarat.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat mengeluarkan peringatan dini di daerah itu. BPBD meminta warga mewaspadai cuaca ekstrem yang bisa memicu banjir dan longsor.

“Warga agar dapat mengantisipasi cuaca buruk yang akhir-akhir ini sering terjadi. Apalagi Papua Barat termasuk daerah yang rawan banjir dan tanah longsor,” terang Kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir, Kamis (8/4/2021).

Menurut Derek, sudah ada keputusan gubernur tentang siaga bencana. Ini perlu diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota untuk siaga di daerah masing-masing.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar memperhatikan kondisi cuaca. Khusus Manokwari yang masuk dalam wilayah rawan banjir dan longsor diharapkan ada antisipasi lebih awal pada titik titik rawan.

Derek mengatakan selain mitigasi bencana, masyarakat juga harus aktif dalam upaya pencegahan. Salah satunya dengan menjaga kondisi lingkungan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Kalau parit bersih maka air mengalir tidak ada penghalang sampai ke laut. Masyarakat yang melakukan perjalanan darat juga hati-hati longsor,” katanya.

BPBD sendiri kata Derek, sudah melakukan berbagai persiapan dan kesiapsiagaan. Namun tetap dibutuhkan kerja sama semua lapisan untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem itu.

“Papua Barat telah membentuk tim reaksi cepat bencana. Termasuk mempersiapkan relawan,” imbuh Derek. (LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini