oleh

Babinsa Jajaran Kodim Manokwari Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Konsep ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kodim 1801/Manokwari melaksanakan pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik di Pekarangan Taman Staf Makodim 1801/Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (17/03/2021).

Pelatihan ini untuk merangsang kreativitas personel Babinsa selama masa pandemi. Danramil 1801-06/Masni Kapten Inf Prapto Widodo dan Sertu Supriyanto tampil sebagai pemateri.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan Babinsa jajaran Kodim 1801/Manokwari sebanyak 72 orang.

Kapten Inf Prapto Widodo mengatakan, tanaman hidroponik saat ini sudah mulai menjadi trend di masyarakat. Budidaya ini sebagai upaya menyiasati pemenuhan tanaman hortikultura.

Dengan pelatihan, Babinsa diharapkan memberi solusi kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber tambahan konsumsi masyarakat.

Prapto Widodo menyampaikan bahwa dalam mengembangkan pertanian atau pola tanam hidropolik ini, para Babinsa ini perlu diberikan pelatihan tentang budi daya hidroponik. Mulai dari pemahaman teori kemudian melaksanakan praktik di lapangan.

“Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Babinsa dalam budidaya tanaman hidroponik,” ucapnya.

Sehingga semua jajaran koramil nantinya diharapkan bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan budidaya tanaman hidroponik. Di samping itu kata Kapten Prapto, Babinsa juga bisa menularkan ilmu yang didapatkan kepada masyarakat.

“Memanfaatkan lahan untuk membudidayakan tanaman hidroponik bisa meningkatkan perekonomian keluarga mereka,” pungkasnya. (LPB2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini