oleh

APBD Manokwari 2021 belum dibahas, ini penjelasan Edi Budoyo

MANOKWARI -APBD kabupaten Manokwari tahun 2021 hingga kini tak kunjung dibahas.

Plh bupati Manokwari, Edi Budoyo menjelaskan penyebab keterlambatan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 dikarenakan penyesuaian sistem yang baru.

“Masih ada kelebihan penginputan anggaran di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena sistem penganggaran tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau dulu sistem penganggaran menggunakan aplikasi simda dibawah bimbingan BPKP, sementara Bappeda menggunakan sistem simral. Namun kedua aplikasi ini tidak bisa saling konek sehingga Kemendagri mengeluarkan sistem yang baru yaitu Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),”ungkap Budoyo Kamis (14/1/2021).

Dengan menggunakan SIPD maka masing-masing OPD yang bisa mengakses. Sehingga jika ada kelebihan anggaran maka hanya bisa diubah dari OPD tersebut. Untuk itu dia memerintahkan agar setiap OPD bisa menyesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada.

“Kalau OPD belum menyesuaikan anggarannya maka pasti mengalami keterlambatan lagi. Oleh karena itu OPD harus bisa memasukan anggaran sesuai dengan alokasi yang ada, kalau tidak diubah maka tidak bisa dilaksanakan proses selanjutnya,” pungkas Edi.(LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini