oleh

Animo Besar, Pendaftar Bintara Afirmasi Otsus di Manokwari Capai 2.000 Orang

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Antusiasme masyarakat Manokwari dalam mengikuti seleksi calon anggota Polri lewat jalur bintara afirmasi otsus, cukup besar. Terbukti hingga saat ini tercatat sudah lebih dari 2.000 orang mendaftar di jalur ini.

Kapolres Manokwari AKBP Dadang Kurniawan Winjaya, SIK membenarkan besarnya animo masyarakat di jalur bintara afirmasi otsus. Menurutnya, ini hal yang sangat menggembirakan bagi masyarakat Manokwari.

“Untuk pendaftar Akademi Kepolisian (Akpol) berjumlah 47 pendaftar, bintara 482 pendaftar, bintara Teknik informatika kepolisian 2 pendaftar, bintara perawat perawat 1 pendaftar, brimob tantama 24 pendaftar, tamtama polair 2 pendaftar dan bintara afirmasi khusus 2.049 pendaftar,” ujar Dadang, Senin (5/4/2021).

Dikatakannya, besarnya animo pendaftar mencerminkan banyaknya putra putra Manokwari yang ingin mengabdi sebagai anggota Polri. Mereka kata Dadang, adalah generasi masa depan daerah ini.

“Dan Kapolda sudah tekankan agar peserta tidak percaya pada calo yang memberi iming- iming kelulusan dengan meminta sejumlah imbalan. Proses seleksi ini murni dan transparan. Sehingga semua punya peluang yang sama,” katanya.

Dalam proses pendaftaran Polres kata Dadang, hanya bertugas melakukan penelitian berkas dan prakesehatan awal para pendaftar. Untuk tahapan selanjutnya menjadi kewenangan dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua Barat.

“Kita di polres hanya sub penerimaan daerah sehingga hanya dalam pelengkapan administrasi. Kalau ada yang belum lengkap berkas-berkas administrasi para pendaftar masih punya kesempatan untuk melengkapi. Sedangkan selanjutnya menjadi kewenangan biro SDM polda,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah menyampaikan sosialisasi berkaitan dengan penerimaan anggota Polri sejak beberapa waktu lalu. Termasuk melakukan persiapan bagi peminat yang ingin mendaftar terutama kesiapan kesehatan, fisik dan psikologis.

Sesuai dengan pantauan, hingga Senin siang tampak puluhan pendaftar melengkapi berkas-berkas pendaftaran.(LPB3/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini