oleh

Amankan Pilkada, 5 SSK Pasukan Brimob dikerahkan ke Papua Barat

Manokwari,Linkpapuabarat.com-Sebanyak 5 Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau sekitar 500 personil pasukan Brimob dari sejumlah daerah akan dikerahkan ke Provinsi Papua Barat untuk membantu pengamanan Pilkada serentak 2020.

Komandan Satuan Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa, Minggu (15/11), mengatakan bahwa pihaknya sangat siap membantu pengamanan Pilkada.

Saat ini Sat Brimob Polda Papua Barat memiliki 623 personil. Dua per tiga atau sekitar 415 personil diantaranya dipersiapkan untuk pengamanan Pilkada.

“Kita juga akan memperoleh bantuan 5 SSK Brimob Nusantara untuk membantu pengamanan. Mereka berasal dari sejumlah Polda di Indonesia,” kata Kombes Pol Semmy

Setelah tiba, ratusan pasukan BKO Brimob itu nanti akan bergabung dengan pasukan organik Sat Brimob Polda Papua Barat.

Ia mengemukakan bahwa sudah ada peta tingkat kerawanan pada Pilkada serentak di sembilan daerah Papua Barat. Personilnya siap ditempatkan di daerah-daerah rawan.

“Baik dari KPU, Bawaslu maupun Polri sendiri, sudah ada data tentang tingkat kerawanan. Personil Brimob akan ditempatkan di daerah-daerah yang ekskalasi konfliknya tinggi,” ujarnya.

Semmy menjelaskan dalam pengamanan Pilkada ini para Kapolres memiliki peran dan tanggungjawab besar sebagai kepala operasional pengamanan wilayah.

Saat Kapolres membutuhkan penebalan pasukan pengamanan dari Brimob mereka akan mengajukan permintaan ke Kapolda. Selanjutnya Kapolda melalui Karo Ops akan melanjutkan instruksi kepada Sat Brimob.

“Personil kami siap dan penempatan personil Brimob akan dilakukan sesuai instruksi Kapolda,” katanya lagi. (LPB1/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini